Busana Motif Celegam Warnai Puncak HUT Pemprov Lampung Ke-55

Berita Utama Pemerintahan

Bandar Lampung – Forum Perempuan Peduli pada HUT Provinsi Lampung Ke-55 pada 18 maret 2019 mengambil tema pakaian bermotif Celugam.

Motif Celugam, merupakan kerajinan tangan yang diwariskan para leluhur dan berkembang di daerah masyarakat Lampung Pesisir yang beradatkan Saibatin. Biasanya motif Celugam dipakai masyarakat dan tokoh adat sebagai pelengkapan dalam upacara adat masyarakat Saibatin.

Ketua Harian Forum Perempuan Peduli, Emilia Kusumawati mengatakan, pemakaian busana motif Celugam bertujuan agar salah satu warisan budaya kerajinan khas Lampung lebih dikenal masyarakat luas.

“Agar masyarakat lebih mengenal keaneka ragaman kerajinan tangan yang begitu indah, karena selama ini masyarakat hanya mengenal tapis, tenun inuh (masyarakat saibatin), maduaro (sebutan masyarakat pepadun), sedangkan saibatin menyebutnya Manthok/Mantor dan sulam usus (masyarakat pepadun) sebagai kerajinan lampung yang berkembang di daerah lampung” kata Emilia Kusumawati, Senin (18/3).

Dengan menggunakan busana motif Celugam pada acara-acara penting, seperti HUT Pemprov Lampung, dirinya yakin motif Celugam akan menjadi trend fashion yang sangat diminati para pencinta busana yang menyukai etnik dengan nilai seni yang tinggi. (*/red)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of