Disnaker Lampung Biayayi Kepulangan Almarhum Puji Astuti

Berita Utama Pemerintahan

Lampung – Bentuk kepedulian dan kinerja Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) provinsi Lampung, Lukmansyah patut diberikan apresiasi. Hal ini, terbukti dari cepat tanggapnya Lukmansyah beserta jajarannya dalam membantu persoalan yang membelit keluarga dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) Puji Astuti, yang meninggal dunia di negara Malaysia karena mengalami sakit.

Lukmansyah mengatakan, Disnaker Provinsi Lampung ikut membiayai kepulangan jenazah Almarhumah Puji Astuti dari Malaysia menuju Indonesia. Lukmansyah menambahkan, jenazah Puji Astuti akan tiba di Kota Bandar Lampung pada 2 September 2020 mendatang. “Terkendala karena Malaysia sedang merayakan Hari kemeerdekaannya. Prosesnya cukup lama, administrasi dengan KBRI, Rumah Sakit dan Bandara di Malaysia ” kata Lukmansyah, melalui pesan Whatsapp, Jumat (28/8).

Lukmansyah mengimbau, kepada seluruh masyarakat khususnya provinsi Lampung, yang igin bekerja diluar negeri untuk mengikuti prosedur yang ada. Hal tersebut, agar calon PMI itu terdaftar dalam Badan Pelindungan Pelerja Migran Indonesia (BPPMI). “Jangan tergiur rayuan oknum – oknum petugas atau orang tertentu yang menjanjikan sesuatu harapan – harapan yang tak pasti dan tidak bertanggung jawab. Sehingga warga tersebut bisa bekerja dengan tenang, nyaman dan mendapat pelayanan serta perlindungan dari perusahaan penempatan.” imbunya.

Sebelumnya, Puji Astuti, seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di negara Malaysia, memohon bantuan kepada Pemerintah Provinsi Lampung untuk difasilitasi pulang ke Indonesia. Berdasarkan informasi, Puji Astuti yang juga warga Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung ini dikabarkan mengalami sakit darah tinggi dan mengalami stroke. Bahkan, saat ini dirinya sedang mengalami koma di Rumah Sakit yang berada di negara Malaysia.

Selain itu, diduga Puji Astuti bekerja ke Malaysia dengan cara tak legal. Saat ini, dirinya tinggal di Pangsapuri, Baiduri Blok F lantai 1 nomor 3 Tasik Kesuma, Semenyih Malaysia.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Lampung, Lukmansyah bergerak cepat untuk menyelidiki dan mencari tahu pihak keluarga dari PMI yang bernama Puji Astuti tersebut. ” Ya, Sedang kami lacak dan menghubungi pihak keluarganya. Ada prosedur yang harus dilaksanakan juga, karena ini menyangkut dengan kedutaan,” kata Lukmansyah melalui pesan whatsapp.

Lukmansyah juga mengatakan, pihak Disnaker Provinsi Lampung sedang melakukan upaya koordinasi dengan instansi terkait. “Ya. Sedang kami kordinasikan dengan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BPPMI) Provinsi Lampung, dan juga Disnaker Kota Bandar Lampung. ” tutup Lukmansyah. (*/lan)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of