Gubernur Lampung, Mendagri, Menkopolhukam Hadiri Pembukaan Pelatihan Aparatur Desa

Berita Utama Pemerintahan

Bandar Lampung – Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menghadiri pembukaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Dalam Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa, yang diikuti seluruh perangkat desa di Provinsi Lampung.

Kegiatan yang digelar Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri RI tersebut dipusatkan di Gedung Bagas Raya, Bandar Lampung, Kamis, 21 Maret 2019.

Gubernur mengucapkan selamat datang kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, yang didapuk memberikan materi tentang peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa, di hadapan ribuan aparatur desa dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Selain itu, Ridho juga menyatakan kegiatan hari ini adalah untuk mensinergikan kebijakan pemerintah pusat dengan aparatur desa. Menurutnya, pengelolaan anggaran negara yang semakin besar memiliki dampak dan konsekuensi hukum juga besar.

“Cukup banyak, bahkan sebagian besar dari sahabat-sahabat kita yang karena ketidaktahuannya terjadi pelanggaran hukum. Saudara kita yaitu para kepala desa yang dengan niatan baik tetapi kemudian karena ketidaktahuan mereka, terjadilah masalah-masalah yang tidak terbayangkan sebelumnya,” ujar gubernur.

Oleh karena itu, kegiatan hari ini menurut Ridho adalah salah satu upaya untuk menjaga agar dana desa yang dikelola dengan niatan baik oleh perangkat desa beserta kepala desa, dapat digunakan sesuai dengan asas manfaat dan tujuannya.

Selain itu, gubernur juga menyatakan pemerintahan desa yang selama ini berada di lapangan, di tengah masyarakat berhadapan langsung dengan masyarakat dan melayani masyarakat, maka perlu peningkatan kapasitas sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal. (rls/red)

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of