Gulaku Dorong Minat Baca Masyarakat Lampung

Berita Utama Pemerintahan Pendidikan

Bandar Lampung – Provinsi Lampung tak pernah kehabisan pemuda yang peduli terhadap literasi. Kali ini sekelompok generasi milenial yang dikomandoi oleh Bayu Saputro menggagas Komunitas Giat Buku (Gulaku).

Menurut Bayu Kibo sapaan akrabnya, Gulaku didirikan untuk merangsang minat baca bagi masyarakat Lampung, khususnya di lingkungan Universitas Lampung. Dengan demikian otomatis perlahan akan meningkatkan kemampuan literasi masyarakat.

Bayu menjelaskan, pada Minggu, 23 Agustus 2020 telah diselenggarakan kegiatan Gelar Lapak Buku oleh Gulaku di sekitar Embung Rusunawa Universitas Lampung. Kegiatan dimulai pada pukul 06.30 pagi dan selesai pada pukul 09.30 WIB.

“Dalam Gelar Lapak Buku kali ini, masyarakat yang lalu lalang dapat membaca buku yang telah disediakan oleh komunitas Giat Buku dengan gratis sambil bersantai di tepian Embung. Ada pula kegiatan menggambar dan mewarnai bagi anak-anak yang belum mampu membaca,” jelas Bayu Kibo.

Bayu selaku ketua Gulaku Lampung melanjutkan, kegiatan yang merupakan agenda perdana Gulaku ini disambut antusias oleh masyarakat baik dari kalangan anak anak, remaja, mahasiswa, atau orang tua yang sedang berjalan santai di sekitar embung.

“Ke depan, Gulaku akan terus berkomitmen untuk rutin mengadakan kegiatan serupa demi meningkatkan kemampuan literasi anak bangsa. Dan literasi bukan sekedar baca tulis tetapi bagaimana mengolah informasi yang masuk agar bermanfaat bagi sesama,” tutup Bayu. (rls/erlan)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of