Jadi Irup Hardiknas, Gubernur Ridho Sampaikan Fokus Pembangunan Bergeser dari Infrastruktur Ke Pengembangan SDM

Berita Utama Pemerintahan

BANDAR LAMPUNG – Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengatakan Pemerintah mulai gencar melakukan pembangunan sumber daya manusia (SDM) setelah selama 4,5 tahun ini fokus pada pembangunan infrastruktur dan membangun daerah pinggiran. Hal itu diungkapkan Gubernur saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019, di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Kamis (2/5/2019).

Pada kesempatan itu, Gubernur Ridho membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang mengusung tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

Gubernur mengatakan tujuan pendidikan nasional sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa juga berakhlak mulia dan berilmu. Oleh sebab itu pembangunan SDM sangat penting.

“Dalam perspektif Kemendikbud, pembangunan SDM menekankan pada dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja,” ujar Gubernur.

Terkait pengembangan SDM itu, lanjut Gubernur, pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan beraklak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab serta berbudi pekerti luhur. “Sementera ikhtiar membekali keterampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan, “ ungkap Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan pesan Mendikbud agar para pengajar dapat mengawasi perilaku dan sikap peserta didik di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Sebab, teknologi yang canggih dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik.

Gubernur meminta semua sekolah dan tempat pendidikan dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, dengan menerapkan pendidikan berbasis teknologi tanpa melupakan budaya Indonesia.

Usai upacara Hardiknas, Gubernur Ridho, mengatakan jika kebijakan nasional pengembangan SDM telah dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung.

Pemprov Lampung telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menyiapkan SDM unggul di Lampung sehingga bisa berkompetisi di masa mendatang. Bahkan, menurut Gubernur, kemajuan pendidikan di Lampung diungkapkannya saat bertemu dengan Presiden Jokowi beberapa waktu yang lalu.

Ridho mengatakan persiapan SDM harus dipersiapkan secepatnya agar SDM dapat bisa menjadi tuan rumah ditanahnya sendiri. “Persiapan SDM harus bersama-sama dengan pembangunan infrastruktur atau paling tidak hanya terlambat di belakang setengah langkah tidak bisa terlalu jauh hampir beriringan. Begitu infrastruktur semakin baik, daerah terbuka, konektivitas semakin baik maka SDM kita akan siap,” ungkap Gubernur,

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Ridho menyerahkan penghargaan kepada Pemenang Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah Madrasah (LSS-UKS/M) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018. Terbaik I untuk tingkat TK/RA diperoleh TK Pertiwi Metro Pusat, Terbaik I Tingkat SD/MI diperoleh SDN 02 Subik Abung Tengah, Terbaik I Tingkat SMP/MTs diperoleh SMPN 7 Bandar Lampung dan Terbaik I tingkat SMA/SMK/MA berhasil diperoleh SMAN 1 Abung Semuli. Selanjutnya para pemenang ini akan mewakili Provinsi Lampung mengikuti LSS Tingkat Nasional Tahun 2019. (rls/red)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of