Mengulik Potensi HHBK Melalui Festival Wisata Hutan Lampung 2023

Bandar Lampung (Biinar.com) Dinas Kehutanan Provinsi Lampung menggelar Festival Wisata Hutan Lampung (FWHL) Tahun 2023 tanggal 3-10 Juli 2023. Selama 7 hari, festival ini menampilkan potensi wisata hutan Lampung yang luar biasa.

Ketua Pelaksana FWHL, Bagus HS mengatakan, pada tanggal 4 Juli 2023, digelar lomba cipta dan baca puisi dengan peserta siswa SMP. Peserta membuat puisi dengan tema hutan Lampung, dan hasilnya mengagumkan!

“Gita Angelina dari SMPN 1 Sekampung Udik keluar sebagai juara satu. Lomba ini sukses menginspirasi bakat puisi para pelajar.” kata Bagus, Jumat (7/7/2023).

“Tidak hanya itu, lomba bercerita juga menjadi ajang kreativitas bagi siswa SD kelas 3 hingga 6. Kita bisa mendengar cerita-cerita menakjubkan tentang hutan!” terang Bagus, Kepala Bidang Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan di Dinas Kehutanan Provinsi Lampung ini.

Bagus mengungkapkan, Raihan Abdulah Rafif dari SD Al Kautsar memenangkan juara 1 dengan cerita “Putri Rincing Manis”. Semua cerita yang dilombakan mengajarkan pentingnya menjaga kelestarian hutan.

“Hari Jumat ini, lomba memasak olahan hasil hutan bukan kayu juga menjadi daya tarik. Pesertanya dari Dishut Provinsi Lampung dan UPT KLHK. Staf bersama pasangannya memamerkan keahlian memasak yang menggugah selera.” kata Bagus.

“Kegiatan terakhir adalah lomba menggambar dan mewarnai yang melibatkan siswa SD pada tanggal 9 Juli 2023. Info selengkapnya, bisa ikuti akun @KehutananProvLampung di Instagram!” Pungkasnya.

Sebelumnya saat pembukaan FWHL 2023, Senin (3/7/2023) lalu, Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Provinsi Lampung Yanyan Ruchyansyah mengatakan bahwa kawasan hutan Lampung memiliki potensi keindahan yang luar biasa. Potensi tersebut antara lain; bentang alam yang memesona, udara segar, air yang jernih.

Yanyan menerangkan, Festival Wisata Hutan Lampung merupakan implementasi salah satu janji kerja Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi. Yaitu Lampung Kaya Festival, serta sebagai ajang promosi potensi wisata, dan edukasi pemanfaatan wisata di dalam kawasan hutan di Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menyampaikan bahwa pembangunan kehutanan adalah bagian tak terpisahkan dari pembangunan Provinsi Lampung. Hutan harus memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah.(Naz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments