Pembagian KIS Tidak Merata, Naldi Rinara Tegur Dinas Kesehatan

Berita Utama Pemerintahan

Bandar Lampung – Banyak warga Kelurahan Sukamenanti, Kecamatan Kedaton mengeluhkan belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari pemerintah pusat. Hal tersebut diutarakan warga pada Wakil Ketua DPRD Bandar Lampung, Naldi Rinara saat menggelar reses di Kelurahan Suka Menanti, Selasa (4/11).

Sumarni, warga setempat mengeluhkan hingga saat ini anaknya belum mendapatkan kartu tersebut. 

“Kalau saya dan suami sudah dapat, tetapi anak saya yang belum, kalau sakit ya terpaksa bayar. Tidak hanya anak saya saja, tetangga-tetangga kami pun tidak kebagian (KIS) itu,”ujar Sumarni.

Hal senada disampaikan Yanti, ia pun sampai saat ini belum mendapatkan KIS. Mirisnya tetangganya yang tergolong orang kaya justru mendapatkan KIS. 

“Saya ini belum mendapatkan kartu KIS lho pak padahal saya ini janda, tetangga saya yang berkecukupan dapat kartu itu,” keluhnya.

Persoalan KIS ini pun direspon oleh Naldi, Politisi Nasdem ini akan menyampaikan hal tersebut pada Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

“Memang program KIS ini dari Pemerintah pusat, tetapi kewenangan pendataan dari di Pemerintah setempat. Oleh karena itu, persoalan warga ini akan saya sampaikan kepada Dinkes,” ujar Naldi.

Diharapkan juga, pendataan kedepannya tentang pembagian KIS harus tepat sasaran. Sehingga tidak ada lagi warga miskin yang belum mendapatkan kartu KIS.

“Hal ini juga akan saya sampaikan ke lurah setempat, agar pendataan warga harus objektif. Sehingga tidak ada lagi warga yang tidak mampu belum mendapatkan kartu tersebut,” ucapnya. (jal/red)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of