Stock Field Batu Bara di Way Laga Sumbang Penyakit Pernafasan Warga Sekitar

Bandar Lampung – Warga mengeluhkan keberadaan stok field batubara di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Waylaga, Kecamatan Sukabumi, Bandar Lampung. Debu partikel batubara menyebabkan polusi udara hingga membuat mereka sesak nafas dan sakit mata.

“Kalau ngebul batubaranya itu debunya kemana-mana, jadi sering kena mata perih sama kadang asma gitu kalo lupa pakai masker, ditambah sering masuk rumah debunya sampe 6 kali sehari ngebersihinnya, jadinya kotor terus,” ujar warga di sekitar stok field batu bara yang enggan disebutkan namanya kepada wartawan Dinamik.id, Kamis, 19 Januari 2023.

Warga menjelaskan mulanya pemilik stok field batubara itu hanya mengatakan bila lahan itu hanya akan digunakan untuk lahan parkir.

“Waktu ditanya katanya buat lahan parkir, eh tau nya buat tambang batubara,” lanjutnya.

Ia mengungkapkan bila keluhan ini telah disampaikan sejumlah warga kepada pemilik stok field batubara. Namun pihak perusahaan memberikan ganti rugi Rp50 ribu perbulan kepada warga sekitar.

“Kami juga sudah bilang kalo itu ngerusak tanah lingkungan sekitar, kami dikasih duit Rp50 ribu perbulan ga sesuai beras sekarung aja ga cukup itu di kasih RT,” ungkapnya.

Saat wartawan menanyakan soal perizinan usaha tempat penyimpanan batubara tersebut warga pun tidak mengetahui.

“Usaha ini baru berjalan 2 bulan ini, cuma namanya aja kami ga tau apa perusahaan ini, yang tau hanya ada 6 orang, cuma saya gak kenal apalagi mau perizinannya,” tutur dia.

Dilain tempat wartawan Dinamik.id mengkonfirmasi dikelurahan setempat disebutkan stokfile batubara tersebut memiliki perizinan dari pemerintah Kota Bandar Lampung.

“Ada izin nya itu bang mereka memang pernah kesini buat pemberitahuan cuma monggo disonding langsung aja ke perusahaan biar lebih jelas, ” ujarnya. (lan)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments