Warga Lampung Timur Sangat Antusias Ikuti PKM Unila

Lampung Timur – Universitas Lampung (Unila) melakukan agenda Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Desa Binaan di Dusun Subing Putra III, Desa Rajabasa Lama, Rabu, 22 Juni 2022.

Dusun Subing Putra III lebih terkenal dengan dusun Talangsari terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dihadiri oleh 50 warga Dusun Subing Putra III. Peserta terdiri dari laki-laki maupun perempuan.

Warga sangat antusias mengikuti kegiatan PKM tentang budi daya perikanan guna menciptakan desa tahan pangan. PKM ini diketuai oleh Yahnu Setiawan, S.H., M.H., dengan anggota tim Hilma Putri Fidyandini, S.Pi., M.Si. dan Siti Khoiriah, S.H.I., M.H.

Dalam pelaksanaan PKM ini yang mengambil tema Peningkatan Kompetensi Masyarakat Korban Talangsari dalam Menciptakan Desa Tahan Pangan, Potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang dimiliki oleh masyarakat Talangsari dalam mengembangkan perikanan budidaya di Desa Rajabasa Lama.

Tim PKM Siti Khoiriah menjelaskan bahwa peningkatan produksi dari budidaya perikanan akan menjadi penting dalam memenuhi kebutuhan ketahanan pangan dan gizi masyarakat karena potensi budidaya perikanan sangat besar dalam mengatasi kerawanan pangan dan malnutrisi.

Tim PKM Hilma Putri Fidyandin menyampaikan dalam memulai usaha budidaya ikan maka perlu mengetahui cara budidaya ikan yang baik (CBIB). Pasalnya dengan penerapan CBIB maka akan ada jaminan mutu dan keamanan pangan dari pembudidayaan mulai proses pembenihan, pembesaran dan pembuatan pakan ikan, serta hasil yang didapat juga akan maksimal.

Dalam proses pelaksanaan penyuluhan warga sangat antusias bertanya, pertanyaan yang diajukan antara lain cara pemiihan induk, cara pembuatan dan pemberian pakan, cara pengelolaan kualitas air budidaya, cara pencegahan dan penanganan penyakit, jenis olahan ikan, juga mengenai pemasaran ikan dan olahannya.

Selain memberikan materi, tim pengabdian juga melakukan survei ke kolam budidaya. Mayoritas budidaya yang dilakukan di desa ini masih menggunakan sistem tradisional/alami.

Selama kegiatan survey lapangan, tim memberikan arahan mengenai persiapan kolam sebelum budidaya, cara peberian pakan dan cara pengobatan penyakit ikan.

Salah satu peserta menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lampung yang bersedia mengadakan kegiatan ini, khususnya dalam hal memulai usaha budidaya ikan yang baik. Melalui kegiatan ini masyarakat Talangsari mengetahui mana yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam proses budidaya ikan.

Harapan besar warga Talangsari Unila akan terus mendampingi proses budidaya perikanan dan kegiatan lainnya yang mengarah pada ketahan pangan di Desa Rajabasa Lama. (Erlan)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of