Refleksi 21 Tahun, PKB Membangun Bangsa

Berita Utama Politik

Penulis

Mursaidin Albantani

Wakil Sekretaris DPW PKB Provinsi Lampung

 

PKB dan Pemilu Indonesia

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) didirikan di Jakarta pada tanggal 23 Juli 1998 (29 Rabi’ul Awal 1419 Hijriyah) yang dideklarasikan oleh para kiai-kiai Nahdlatul Ulama.

Seiring perkembangan demokrasi di Indonesia, PKB pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 menjadi pemenang ke -4 dengan perolehan suara 13.570.097 (9,69%). PKB tumbuh dan terus berbenah ditengah situasi politik yang mengalami pasang surut.

Di tangan H. A. Muhaimin Iskandar, PKB menjadi Partai yang mampu melewati dinamika perpolitikan nasional, mampu melalui dinamika internal dan upaya-upaya pelemahan terhada PKB. Cak Imin menjadi sosok yang paling menentukan Posisi PKB hingga PKB mampu Menjadi partai pemenang ke-4 dalam Pemilu serentak 2019.

PKB dan Masa Depan Politik Indonesia

Sebagai partai yang pemilihnya di dominasi oleh warga Nahdiyin, PKB harus terus mampu menempatkan dirinya sebagai partai yang inklusif, partai terbuka dan modern. Menjadi pembela rakyat, dalam membela kebenaran. PKB harus menjadi solusi bagi situasi politik demokrasi Indonesia yang semakin mengarah pada menguatnya politik indentitas.

Menyongsong Indonesia Maju menuju masa depan Indonesia

Diiusia yg ke-21 tahun ini, banyak sudah kiprah PKB dalam mewujudkan agenda-agenda strategis nasional, bersama pemerintah menegakkan kedaulatan NKRI, mendorong penegakan supremasi hukum, mewujudkan kedaulatan Ekonomi, mendorong terciptanya lapangan kerja baru, dan mendorong lahirnya kebijakan anggaran yang berpihak kepada desa-desa Indonesia dan masih banyak peran serta lainnya.

Tidak cukup sampai disitu, sebagai bukti komitmen PKB bersama Rakyat, PKB mendorong lahirnya program-program kerakyatan yang akan diejawantahkan dalam tiga prioritas utama, yaitu: Peningkatan Pendidikan yang berkualitas, Mendorong penguatan Ekonomi kerakyatan, dan mewujudkan situasi nasional yang kondusif dalam kerangka Dakwah Sosial Budaya dalam bingkai kebhinekaan.

PKB dan Visi Pembangunan Daerah

Selain kiprah PKB dikancah Nasional, PKB juga menjadi bagian tak terpisahkan dalam mewujudkan pembangunan daerah. Di Provinsi Lampung, pada Pemilu 2019 lalu, PKB mampu meraih 62 Kursi DPRD Kabupate/Kota yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota serta mendudukkan 9 kader terbaiknya di DPRD Provinsi Lampung.

Melihat potensi yang ada, tentunya keberadaan PKB di parlemen sangat lah menentukan arah pembangunan daerah, khususnya di Provinsi Lampung, kader-kader PKB yang duduk di lembag Legislatif akan menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam mewujudkan 33 janji kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung.

PKB bersama pemerintah daerah akan menjadi Garda terdepan dalam mewujudkan Provinsi Lampung yang lebih baik, mewujudkan Lampung Berjaya.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of