Juli 4, 2023 | [post-views]
d42d228655974d4b75ef7f97594084909bc33c4dbc908dfca6c1aebe6d25f551.0

Bandar Lampung (Biinar.com)Menjelang digelarnya Krakatau Festival (K-Fest) 2023, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung menggelar Konferensi Pers di Skaye Cafe, Hotel Bukit Randu, Selasa (04/07/23).

Pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan menyampaikan bahwa gelaran tahun ini akan banyak menampilkan sesuatu yang baru. Tahun ini, gelaran yang biasa dikenal dengan Festival Krakatau itu dibranding dengan nama baru, yaitu K-Fest.

“Tahun ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya, banyak yang baru. Biasanyakan Festival Krakatau ini terkenal dengan acaranya Dinas Pariwisata, tahun ini kami akan mengenalkan kembali bahwa festival budaya yang dimiliki oleh sebuah provinsi harus juga dimiliki oleh semua lapisan masyarakat. Maka dari itu, K-Fest ini adalah sebuah festival yang lahir atas dasar usulan dan dikolaborasikan dengan seluruh lapisan masyarakat Lampung,” ujarnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Krakatau Festival tahun ini akan mengangkat tema “Mask Land Nemui Nyimah”, tema tersebut diambil untuk mengangkat budaya topeng-topeng adat di berbagai daerah di Provinsi Lampung.

Dalam konferensi pers rersebut turut hadir Is Haryanto Nugroho (Forum Backstagers Indonesia Lampung), Yunna Tan Wijaya (DPD APJI Lampung), dan Naomi Natalia (Pegiat Pariwisata Lampung).

Dalam kesempatannya, Is Haryanto menjelaskan “Kami, Pak Kadis dan seluruh pegiat budaya dan pariwisata di Lampung ini punya visi yang sama dan kuat. Dari hasil diskusi dan riset kami, kami melihat bahwa kita belum mempunyai unique selling point yang khas, maka dari itulah kami sepakat untuk mengangkat salah satu budaya leluhur kita yaitu festival topeng yang terinspirasi dari Festival Sekura yang ada di Pesisir Barat Lampung” tuturnya.

K-Fest 2023 akan digelar pada tanggal 7-8 Juli 2023 di Lapangan PKOR Way Halim Bandar Lampung. Adapun rangkaian kegiatan K-Fest 2023 diantaranya, Festival Ekonomi Kreatif Lampung, Pemecahan Rekor MURI 1000 Engkak Ketan, Lomba mewarnai dan pentas seni anak, Lampung Mask Culture Carnival yang diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, serta Sparkling Night K-Fest 2023 yang akan dimeriahkan oleh Kangen Band.

“Saya mohon dukungan dan kerja sama kita semua, mari kita tunjukkan bahwa masyarakat Lampung bisa berkolaborasi dan bersinergi untuk melahirkan karya-karya besar yang dapat dikenal dunia” tutup Bobby Irawan. (Naz)

Posted in
Tags in