Pak Su 2

Menko Perekonomian Puji Gubernur Arinal: Dia Viralkan Jalan Rusak, dan Dapat Rp 800 Miliar

Juni 4, 2023 |
1

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto  memuji Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang berhasil memviralkan jalan rusak di provinsinya hingga mendapat perhatian Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Setelah jalan rusak itu viral, Jokowi mendatangi lokasi jalan rusak tersebut dan menyatakan bakal menggelontorkan sejumlah dana untuk perbaikan.

“Pak Gubernur Lampung ini lihainya luar biasa. Dia viralkan jalan rusak itu dan dapat Rp 800 miliar,” kata Airlangga dalam pidatonya di Rakernas Partai Golkar di Jakarta Barat, Ahad, 4 Juni 2023. 

Ucapan Airlangga tersebut mendapat sambutan tepuk tangan dan tawa dari ratusan kader Partai Golkar yang hadir. Arinal yang merupakan kader Partai Golkar juga turut hadir dalam acara itu. 

“Itu lah pemain Partai Golkar,” kata Airlangga.

Jokowi sebelumnya melakukan inspeksi mendadak terhadap jalan rusak di Provinsi Lampung. Berdasarkan hasil inspeksi tersebut, Jokowi mengumumkan alokasi dana sebesar Rp800 miliar untuk memperbaiki jalan-jalan di provinsi tersebut. 

Sidak jalan rusak ini dilakukan oleh Jokowi setelah Hari Raya Idul Fitri 2023, mengingat kondisi jalan rusak yang cukup parah di Lampung.

Jokowi mengatakan tahun ini pemerintah pusat akan memberikan dana untuk perbaikan jalan di Provinsi Lampung. “Jadi khusus untuk Lampung kurang lebih untuk perbaikan 15 ruas jalan, termasuk ini akan diberikan Rp 800 miliar,” kata Presiden Jokowi.

Kasus jalan rusak di Lampung viral setelah Bimo Yudho Saputro mengunggah soal kondisi jalan yang rusak parah di beberapa wilayah di Lampung. Kritik Yudho viral setelah dia mengaku keluarganya mendapat tekanan setelah video tersebut ramai dibicarakan.

Setelah itu, Presiden Jokowi pun melakukan kunjungan ke Lampung untuk meninjau jalanan yang rusak. Saat itulah Jokowi menyebut perbaikan sebagian jalan yang rusak akan dilakukan pemerintah pusat. Adapun sebagian lain dikerjakan pemerintah daerah setempat.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan 10 paket pekerjaan preservasi atau pemeliharan jalan dan jembatan tahun 2023 untuk tahun 2023. Pekerjaan ini ditangani Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Lampung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap askses jalan yang semakin baik bakal menunjang perekonomian masyarakat sekitar. “Kami harap konektivitas yang semakin baik bakal meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan dapat membantu percepatan pembangunan,” kata Basuki melalui keterangan tertulis, Jumat, 26 Mei 2023.

Tags in